Pages

Sunday, September 9, 2012

Tips Belajar Sesuai Gaya Belajar


Sebagian orang menilai gaya belajar itu membosankan! beda lagi dengan halnya seseorang yang hobi bermain sepeda atau Freestyle, mereka tidak akan bosan dengan Freestyle mereka. Hal tersebut bisa dilakukan dalam belajar sehari-hari.


  • Berilah warna- warna yang menarik dari stabilo untuk menunjukkan bagian-bagian penting.
  • Gambarlah ilustrasi atau grafik di buku belajarmu untuk mengingat hal-hal yang menarik selama kamu belajar. Ingatan ini akan membuatmu semakin enjoy belajar.
  • Untuk beberapa kata penting, nyatakanlah kata atau fakta tersebut dalam bentuk gambar atau rekaman video.
  • Carilah petunjuk-petunjuk tertulis untuk memahami pelajaran dan bila petunjuk itu tersedia dalam bentuk arahan lisan atau praktek jangan segan mencatat atau meminta sang guru membuatkan sebuah catatan kecil khusus untukmu.

  • Belajarlah dengan mempraktekkan apa yang kamu dapat dari guru atau buku, kecuali yang berlabel; Don't Try at Home! hehe..
  • Jangan ragu untuk maju ke depan bila gurumu meminta salah seorang murid memperagakan sesuatu dalam sessi pelajaran, karena apa yang kamu lakukan akan terus mengingatkanmu pada pelajaran yang diterangkan gurumu saat itu.
  • Bila saatnya menghapal, ajaklah teman dekatmu untuk memerankan situasi yang ada dalam bahan pelajaran bersama denganmu. Hal ini penting karena untuk si kutu loncat, bermain peran akan menghilangkan kebosanan.
  • Jangan malu dengan waktu belajarmu yang lebih lama, karena dengan praktek otomatis waktu belajarmu akan lebih panjang.

  • Buatlah kelompok belajar untuk mendiskusikan bersama materi yang harus kamu kuasai.
  • Jangan ragu mengungkapkan apa yang ada di benakmu karena orang auditori punya bakat untuk jadi seorang pembicara ulung.
  • Gunakanlah musik untuk membantu dalam melakukan suatu pekerjaan, menghitung atau menghapal sesuatu yang penting.
  • Buatlah simbol dalam irama untuk mengingatkanmu pada sesuatu yang penting. Ingat dengan jinggle iklan? Itu akan memudahkan mengingat. 

No comments:

Post a Comment